28 MarSOIL-Ubi Lahan Kering

  

TANAMAN  UBI – LAHAN KERING  - TROPIKA

Alternatif Sumber Pangan dan Pakan

 

  • Ubi adalah alternatif sumber pangan (dan pakan), yang harus selalu tersedia agar tidak kekurangan.
  • Tidak semua tanaman pangan dapat tumbuh dan berproduksi normal pada kondisi kering (kurang air).
  • Hanya tipe tanaman tertentu yang mempunyai tingkat toleransi tinggi terhadap kekeringan.
  • Tanaman ubi-ubian, umbi-umbian (roots), merupakan jenis komoditi yang perlu mendapat perhatian dan harus dikembangan, terutama di daerah tropika beriklim kering.
  • Berikut tiga jenis komoditi tanaman ubi potensial:

 

imagesCAQ00DME

imagesCA07D1X3

UBI KAYU (PUSRI) - Cassava (Ubikayu)Manihot esculenta – Euphorbiaceae.  ubikayu ditanam untuk memproduksi ubi dan sering dijadikan bahan pangan alternatif. Ubi segar mengandung 35% karbohidrat dan kurang dari 2% protein kasar. Daun ubikayu sering digunakan  sebagai sayuran. Penyiapan ubi untuk makanan tergantung varietas. Ubikayu mengandung asam prussik (prussic acid) yang meracun;  salah satu varietas yang manis, toksisitas dikombinasikan dengan lapisan kulit kedua dan disiapkan sederhana dengan membuang lapis kulit terluar;  ubi dapat dijadikan bahan makanan. Pada varietas pahit racun dan asam dihilangkan dengan cara direbus dan kemudian setelah air rebusan dibuang dapat dijadikan bahan makanan. Ubikayu dapat dijadikan tepung tapioka tetapi  memerkukan cara pengemasan yang baik agar tahan lama dalam penyimpanan.

Ubikayu dapat tumbuh pada kisaran kondisi iklim yang luas meskipun idealnya ia adalah tanaman tropika dataran rendah. Ia dapat tumbuh di area bercurah hujan 500-1500 mm per tahun dan dapat bertahan lama pada kondisi kering, kecuali saat awal pertanaman. Ia dapat tumbuh pada ketinggian di atas 500 m tetapi tidak dapat bertahan terhadap dingin dan beku.  Suhu tumbuh optimum 25-29 derajat C.

Ubikayu memerlukan kondisi tanah aerobik (tidak tergenang), tidak salin dan tidak banyak berbatu. Ubikayu dapat tumbuh pada kisaran kemasaman tanah yang luas, antara pH 5 – 9;  ia akan tumbuh baik pada tanah berpasir atau Lempung berpasir yang subur. Pada tanah liat berat atau tingkat kesuburan tinggi, akan terjadi pertumbuhan vegetatif berlebihan tanpa menghasilkan ubi. Secara tipikal, ubikayu dapat tumbuh sebagai tanaman rotasi ekstrem kekurangan, tetapi tetap membutuhkan kalium.

 

imagesCAKT7DI5

 imagesCAE9P562

KENTANG (PUSRI) - Irish Potato (Kentang)Solanum tuberosum – Solanaceae. Kentang salah satu sayuran paling penting di dunia, ditanam untuk memproduksi umbi yang disiapkan secaran direbus atau dipanggang. Umbi juga digunakan sebagai cadangan pati untuk indsutri alkohol dan spritus.

Kentang bukan asli tropika, ditanam di tropika hanya selama musim dingin atau di dataran tinggi. Tanaman menghendaki suhu tertentu yaitu lebih dari 20 derajat C, pembentukan umbi sangat terhambat. Rata-rata suhu 15-18 derajat C cocok untuk bagi tanaman muda bebas dari rusak karena beku. Kelembaban yang dibutuhkan juga sangat speifik;  agar tumbuh baik kelembaban harus  kontinyu   dan kekeringan secara drastik hasil dan kualitas umbi, khususnya pada priode pembentukan umbi. Kebutuhan air antara 600-900 mm sehingga menghendaki daerah kering dengan penyediaan air.

Spesies kentang hampir tumbuh pada semua jenis tanah, menyenangi tumbuh pada tanah lempung berpasir dalam dengan pH antara 5.5-6.0. Tanah alkalin meningkatkan kecadian scab. Terdapat kultivar hari pendek dan hari panjang tetapi pada kondisi tropika dibutuhkan kultivar hari pendek, untuk memperoleh produksi umbi yang baik.

 

UBIJALAR

imagesCAV28KWU

 Teknologi-budidaya-ubijalar -  Sweet Pottato (Ubijalar)Ipomoea batatas – Convolvulaceae. Ubijalar adalah sumber karbohidrat penting dalam diet makanan banyak penduduk tropika dan umbi dalam dimakan setelah direbus atau dibakar. Tepung, kanji, sirop dan alkohol, dapat dibuat dalam pabrik dari umbi dan sisa proses dapat dijadikan pakan ternak. Pucuk daun, tingkai dan daun kadang-kadang dijadikan sayuran. Umbi dapat diiris tipis, dijemur untuk disimpan.

Spesies ubijalar mempunyai tingkat toleransi tinggi pada kisaran kisran luas dan diketahui merupakan variasi dalam hasil. Ia tumbuh pada curah hujan antara 500-1000 mm per tahun dan dapat mentolerat priode kering jangka lama, sehingga bertahan tumbuh sendiri. Ia juga dapat tumbuh pada daerah bercurah hujan tinggi bila ditanam menjelang akhir musim hujan. Suhu optimum 24 derajat C tetapi bisa tumbuh pada suhu di bawah 10 derajat C. Ubijalar dapat tumbuh pada jenis tanah secara luas tetapi membutuhkan drainase baik dan ia peka terhadap penggenangan, salinitas dan alkalinitas. Ia dapat tumbuh pada keadaan marginal tetapi membutuhkan kalsium, boron, dan magnesium bila diberikan nitrogen, fosfor, dan kalium untuk pertumbuhan dan produksi yang baik. Tanah yang paling dikehendaki adalah Lempung berpasir duduk di atas subsoil liat dengan pH sekitar 6.0.

Ubijalar ungu, merupakan salah satu jenis umbi mengandung gizi tinggi dan disukai. Lihat:  ubi-ungu-faedah-dan-khasiatnya

 

Sumber Teks:

Gibbon, G., and A. Pain. Crops of the Drier Regions of the Tropics, p 131-136. Ed. by Dr W. J. A. Payne, Consultant in tropical livestock production. I.T.A.S. Longman – London and New York.

 

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*