12 JulSOIL-Klasifikasi Sistem Agroforestri

 

KLASIFIKASI SISTEM AGROFORESTRI

(IITA)

 

Ada tiga kelas Sistem Agroforestri, yaitu:

Agrosilvicultural: tanaman dan tanaman keras berkayu.

Silvopastoral: padang rumput/hewan dan tanaman keras berkayu.

Agrosilvopastoral: tanaman, padang rumput/hewan dan tanaman keras berkayu.

 

Sistem Agrosilvicultural:

Pengembangan sistem budidaya, pertanaman lorong, pertanaman bertingkat, pohon peneduh  perkebunan; kebun campuran; tumpang sari; shelterbelts.

 

Sistem peternakan hutan:

Bank Fodder (serbaguna, legum polong pakan ternak dan tumbuhan semak sekitar lahan pertanian), pakan pagar hidup; pohon dan semak padang rumput, produksi hewan dan kayu terpadu.

 

Sistem Agrosilvopastoral:

Pohon dan tanaman pakan ternak terpadu sekitar pemukiman (pertanian gabungan), pohon serba guna dan tanaman pagar untuk dipangkas, pupuk hijau, konservasi tanah, produksi pohon, padang rumput dan ternak terpadu.

 

Sistem agroforestri juga bisa diklasifikasikan berdasar distribusi spasial dan temporal komponen (tanaman, tanaman keras berkayu, ternak).

 

Distribusi spasial komponen tanaman dapat mengakibatkan:

Tegakan campuran dan rapat seperti dijumpai pada peternakan campuran;

Tegakan campuran pohon dan tanaman atau rumput yang biasa dijumpai di kebun petani.

 

Distribusi temporal komponen tanaman dalam agroforestri bisa berbagai bentuk. Contoh ekstrim adalah siklus ladang berpindah disela dengan bera panjang dengan tanaman siklus pendek, atau pergiliran tanaman pertanian dengan pohon.

 

Masih ada cara lain mengklasifikasikan sistem agroforestri, seperti berdasar pada produktivitas dan keberlanjutan. Klasifikasi ini memperhitungkan peran pelayanan agroforestri (kontrol erosi tanah, kantong tempat tinggal dan sebagainya) dalam hal keberlanjutan produksi.

 

Klasifikasikan sistem agroforestri bisa pula dilakukan terhadap kriteria sosial ekonomi seperti skala produksi, tingkat teknologi, input, dan manajemen.

 

→ Lihat:  http://old.iita.org/cms/details/trn_mat/irg26/irg263.htm

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*