22 OctSOIL-Intensifikasi Masa Bera

 

221020131148-001

 

INTENSIFIKASI MASA BERA

(WAITING PERIOD INTENSIFICATION)

 

Perladangan Berpindah ~ Tropika Indonesia ~ Masa Bera

 

Pengelolaan ~  Unsur Hara ~ Ekspansi Alang-Alang ~ Sumber Pendapatan

 

Ditinjau oleh:  Syekhfani

 

Perladangan berpindah (shifting cultivation), yaitu suatu sistim siklus pergiliran pembudidayaan pertanian lahan kering  tradisional, yang berkembang sebelum berubah menjadi lahan intensifikasi.

Sistim ini berjalan hingga daya dukung (carrying capacity) lahan tidak lagi mampu akibat tekanan populasi penduduk.

Pada umumnya orang memandang sistem perladangan berpindah kurang efektif dan kurang menguntungkan, karena dikelola sembarangan, tidak serius, atau bersifat sambilan.  Padahal, daya dukung sistim ini bisa tinggi karena ada masa bera yang potensial mendatangkan keuntungan.

Dalam manajemen masa bera, beberapa faktor kendala seperti unsur hara dan ekspansi alang-alang  perlu diperhatikan;  sehingga sistim agroforestri dan sistim berbasis pohon dapat menjadi alternatif pilihan.

Faktor apasaja yang berpengaruh dan penting dalam sistim perladangan berpindah berlanjut dan menguntungkan?? Hal ini ditinjau oleh  Elok Muliyoutami dkk.(2010) terutama tentang intensifikasi masa bera.

Catatan:  Butir penting dari tinjauan ini adalah bahwa Sistem Agroforestri dan Sistem Berbasis Pohon merupakan alternatif pilihan yang baik.

 

251020131167-001

 

 

 

 

 

Lihat: →  Elok, M., Noordwijk, Niken S., dan Fahmuddjn Agus, 2010.  Perubahan Pola Perladangan, Pergeseran persepsi mengenai para peladang di Indonesia.  World Agroforestry Center, ICRAF Southeast Asia Regional Office. Jl. CIFOR, Situ Gede, Sindang Barang, Bogor 16115. 100 p.

 

Agroforestri, alternatif sistim pertanian berkelanjutan!

 

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*