09 NovSOIL-Memakan dan Dimakan

 images

 

MEMAKAN DAN DIMAKAN

(EATING AND EATEN)

Syekhfani

 

Memakan dan Dimakan

Mengapa hewan dan manusia mati perlu DIKUBUR?

 

Tuhan menciptakan makhluk hidup di muka bumi: manusia, hewan, tumbuhan; berkembang-biak dan terus menerus dari waktu ke waktu.

Awalnya kecil, membesar, dewasa, tua, lalu mati. Yang satu mati, yang lain hidup, yang mati hancur, komponennya digunakan untuk pertumbuhan yang hidup.

Demikian, tuhan menciptakan kehidupan tersebut sesuai kepentingan secara berurutan. Pertama,tumbuhan, menempati seluruh permukaan bumi (biosfer); namun tidak dapat berpindah-pindah.

Kedua hewan, dan ketiga manusia; diciptakan tidak sebanyak tumbuhan, tapi bisa bergerak. Ketiganya (tumbuhan, hewan, manusia) saling melengkapi: saling hidupi, saling kompetisi, saling bunuh, saling makan.

Tumbuhan ada di mana-mana, tetapi tidak bisa pindah/bergerak, hewan dan manusia yang bergerak. Hewan mengembara ke mana-mana mencari tumbuhan untuk dimakan (kembara). Manusia mengejar hewan atau dipelihara untuk dimakan (buru, ternak).

Tumbuhan menunggu hewan dan manusia mati, masuk ke tanah, hancur lalu dimakan. Jadi, tanaman tidak mampu memakan hewan atau manusia, kecuali bila mereka mati dan dimasukkan ke dalam tanah (dikubur).

Dimasukkan ke dalam tanah? Iya, dikubur. Bila tidak dikubur, bau! Jadi, manusia dan hewan mati harus dikubur agar tidak bau? Bukan, agar bisa dimakan tumbuhan!

Ada yang aneh? Apa yang aneh? Coba pikirkan baik-baik cerita tadi? Oke, ternyata cara makan tumbuhan beda dengan hewan dan manusia.

Hewan dan manusia makan melalui “mulut”; tumbuhan meski punya mulut (stomata), makan tidak melalui mulut tetapi melalui “akar”. Tiga belas dari 16 unsur hara esensial tanaman berada dalam tanah.

Tumbuhan dimakan hewan, hewan dimakan manusia; hewan dan manusia mati, dikubur dan dimakan oleh tumbuhan. Proses memakan dan dimakan ini adalah mekanisme recycling (daur ulang).

 

MAKHLUK HIDUP DI DUNIA INI MEMAKAN DAN DIMAKAN

Bila manusia sakit, terutama mulut tidak dapat berfungsi normal, maka suplai nutrisi tubuh harus dilakukan melalui cara lain: infus.

Bila tumbuhan tidak bisa atau sukar mengambil unsur hara (uptake nutrients) dari tanah, maka diberikan melalui daun (foliar feeding), atau batang (stem feeding).

Apakah semua jenis makanan perlu diberikan melalui daun atau batang? Tidak! Secara normal melalui tanah, bila bermasalah, baru melalui daun atau batang. Lihat: SOIL-Pindah Tanam Pohon.

Bagaimana mekanisme masuknya unsur hara dari tanah ke tanaman? Untuk menjelaskan hal ini kita harus mengetahui anatomi dan morfologi tanaman.

1

Bagan morfologis pergerakan hara tanah – air – tanaman

 2

3

Bagan anatomis pergerakan hara tanah  – air –  akar

 

Lihat: Modul Kesuburan Tanah – Pergerakan Hara dalam Tanaman (Post: Bahan Kuliah I

 

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*