28 NovSOIL-Multiple Produce

 

MULTIPLE PRODUCE

(PRODUKSI GANDA)

 

Panen – Produksi – Efisiensi – Nilai

Syekhfani

 MP

 

Saat panen tiba, lahan sawah sibuk luar biasa. Petani beramai-ramai turun melakukan pekerjaan berat di terik matahari. Betapa tidak, empat bulan lamanya mereka telah bersusah payah mengolah lahan; membajak, memacul, menanam, memupuk, memelihara, dan hari itu akan memetik hasilnya.

2

Akankah jerih payah tersebut dibiarkan terbuang sia-sia? Tentu saja tidak, tidak sedikitpun produksi boleh hilang tercecer:  gabah, malai, jerami, sekam, menir, seluruh produksi.  Mereka semua harus dibawa pulang untuk anak isteri dan keluarga.  Ramai-ramai mereka panen, potongan jerami ditumpuk di lahan, lalu disusun di atas gerobak, kemudian ditarik dan didorong bersama. Dibawa pulang, diproses, dikonsumsi, dijual, dijadikan kompos, dijadikan pupuk, diberikan pakan ternak. Capek? Tentu iya, tetapi tidak terasa karena hati gembira.

3

Keringat mengucur di seluruh tubuh;  gerobak penuh dengan hasil produksi panen:  gabah, jerami, bahan kompos/pupuk, dan … UANG! Mereka tersenyum…

MP - 1

 

Itulah nuansa kehidupan petani.  Mereka tidak mengenal arti capek, dan tidak pernah menghitung harga tenaga sendiri.  Bagi mereka, tenaga sendiri tidak perlu dinilai uang, tetapi lebih dari itu… dinilai dengan keceriaan dan “Kebahagiaan”.

 

Petani, ahli yang benar-benar ahli, mengerjakan semua proses produksi dari A sampai Z…!!

 

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*