06 JanEVALUASI CEPAT KESUBURAN TANAH

 

HortTech

 

EVALUASI CEPAT KESUBURAN TANAH

 

MENGGUNAKAN “KIT UJI CEPAT  TANAH (RAPID SOIL TEST KIT)”

  

Syekhfani

  

Hampir semua petani dan pekebun yang mengerti tentang tanah subur, mendambakan cara cepat mengetahui apakah tanah atau kebun mereka subur atau tidak.

Bila ada pertanyaan apakah tanah saya subur? Atau, apakah tanah saya sudah perlu dipupuk?

Secara berkelakar jawabnya:  tanyakan dong pada tanah dan tanaman!

Dijawab juga dengan kelakar:  sudah ditanyakan, tapi tidak ada jawaban!

Cari bantuan, “call a friend”!

Who is friend?

Laboratorium!

But, it is so expensive and too long time.

Ooo, minta cepat dan murah?!

Iya…

Jadi mereka butuh “Rapid Soil Test Kit”.

Apa ada??

Ada, sudah dikembangkan!

Contoh:

 

Lihat:  →

1. Gardening Articles: Care :: Soil, Water, & Fertilizer

Evaluating Home Soil Test Kits

(Artikel Berkebun: Perawatan :: Tanah, Air, & Pupuk

Evaluasi dengan Kit Uji Tanah Rumah Tangga)

Oleh:  Charlie Nardozzi

http://www.garden.org/subchannels/care/soil?q=show&id=2894

Pengujian tanah adalah penting untuk menentukan kesuburan dan kesehatan tanah. Apakah itu untuk mengetahui pH, nitrogen, fosfor, kalium, dan unsur hara lainnya untuk rumput, taman bunga , atau kebun sayur anda. Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menguji tanah Anda adalah dengan menggunakan kit uji tanah yang tersedia secara komersial .

Para peneliti di University of CaliforniaDavis, menguji lima kit uji tanah tersedia di pasaran untuk mengetahui akurasinya dibandingkan dengan uji laboratorium profesional.

Para peneliti menemukan bahwa Lamotte Soil Tes Kit dan Rapitest Kit yang terbaik, dengan akurasi minimal 90 persen dalam kategori ini. Beberapa kit lebih akurat untuk unsur hara tertentu.

Sebagai contoh, unsur nitrogen yang paling akurat ditentukan oleh Rapitest dan Rapid Soil Test, dan pH oleh Lamotte Soil Test Kit. Unsur kalium akurasinya sama untuk semua kit kecuali Soil Kit.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penelitian kit uji tanah ini, lihat: Hort Technology.

 

Lihat:  →

2. Accuracy Varies for Commercially Available Soil Test Kits Analyzing Nitrate–Nitrogen, Phosphorus, Potassium, and pH (Akurasi Berbagai Analisis Kit Uji Tanah Komersial untuk N-Nitrat, P, K, dan pH)

Oleh:

  1. Ben A. Faber,
  2. A. James Downer,
  3. Dirk Holstege and
  4. Maren J. Mochizuki

http://horttech.ashspublications.org/content/17/3/358.abstract

Ringkasan

Uji tanah merupakan komponen penting dalam program manajemen perharaan tanaman bagi petani, tukang kebun rumah tangga, dan tenaga penyuluh pertanian. Hasil uji 5 alat tes kolorimeter komersial dibandingkan dengan analisis laboratorium standar untuk nilai pH, dan kandungan nitrat-nitrogen (NO3), fosfor (P2O5), dan kalium (K2O) pada tanah Lempung berliat Salin dengan tiga periode pertanaman. Tingkat akurasi (frekuensi terhadap hasil analisis laboratorium) adalah menurut urutan sebagai berikut: La Motte Soil KitRapitestRapid SoiltestNitty-Gritty, dan Soil Kit berturut-turut 94%, 92%, 64%, 36%, dan 33%. NO3 adalah yang paling akurat ditentukan oleh Rapitest dan Rapid Soiltest, P2O5 dengan Rapitest, dan pH oleh La Motte Soil Kit. K2O menunjukkan akurasi yang sama untuk semua Soil Kit. Komposisi ekstraktan mungkin merupakan faktor penentu yang mempengaruhi keakuratan tes kit. Sebagai contoh, semua ekstraktan kit untuk K2O terdiri dari bahan kimia yang sama dan sesuai dengan analisis laboratorium yaitu 82%. Sebaliknya, kit menggunakan ekstraktan berbasis analisis asam NO3 lebih sering cocok dengan hasil analisis laboratorium dari kit menggunakan ekstraktan berbasis zinc (P ≤ 0,0001). La Motte Soil Kit memiliki jangkauan terbesar terhadap pH, sedangkan Rapitest relatif mudah digunakan dan ditafsirkan, merupakan pilihan praktis untuk tukang kebun rumah atau landscapers, keduanya lebih dari 90% akurat untuk jenis tanah ini. Meskipun batasan penting dari alat tes komersial adalah nilai perkiraan atau kategoris kandungan gizi (yaitu: rendah, sedang, tinggi), alat tes yang akurat dapat menunjukkan hasil yang cepat dan ekonomis untuk pengelolaan hara.

 

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*