21 AprSumber Pangan Bermasalah?

UMBI GADUNG DAN TALAS

Syekhfani

Dua jenis komoditi umbian, potensial sebagai  sumber pangan alternatif yang berpeluang untuk dikembangkan dalam mengantisipasi masalah rawan pangan (scarcity of foods), adalah umbi Gadung dan umbi Talas:  Lihat → http://syekhfanismd.lecture.ub.ac.id/2014/04/sumber-pangan-alternatif/

Umbi Gadung:

Selain sebagai sumber karbohidrat, umbi gadung mengandung kalsium, fosfor dan zat besi yang esensial bagi tubuh manusia.  Namun, umbi gadung mengandung zat/senyawa yang bersifat meracun, yaitu asam sianida (HCN).

Menurut Ahmad, Luthfi Alma’arif, dan Ariska, Wijaya, dan Djoko, Murwono (2012),  racun asam sianida (HCN) dalam umbi gadung  dapat dikurangi antara lain dengan menggunakan abu kayu dan abu sekam.

Lihat:  → http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jtki/article/view/238/243http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jtki/article/view/238/243

Umbi Talas:

Rasa gatal yang tertinggal di mulut setelah memakan talas menjadi masalah tersendiri. Rasa gatal tersebut disebabkan oleh suatu zat/senyawa kimia yang disebut kalsium oksalat. Kalsium oksalat tidak menimbulkan gangguan serius dan dapat dihilangkan dengan cara pencucian menggunakan air berlebih atau dengan cara pengukusan serta perebusan yang intensif.

→ Lihat: http://yellashakti.wordpress.com/2008/01/30/penghilangan-rasa-gatal-pada-talas/

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*