03 JunDi balik Indahnya Bunga

Krisan dalam Pot

NILAI TANAMAN HIAS ITU BEDA

Suatu Pengamatan Lapangan

Syekhfani

Tanaman hias bunga, budidaya dalam pot atau bunga potong selalu menarik karena keindahannya. Bunga dari berbagai jenis, bentuk, warna yang indah memberikan kesegaran khusus saat santai melepas lelah.

Pengusaha tanaman hias skala kecil, baik produsen maupun penjual mempunyai tata cara tersendiri dalam usahanya, yaitu bersifat subsisten demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Budidaya tanaman hias skala kecil, sepintas tidak tampak memberikan keuntungan yang spektakuler bagi produsen maupun penjual.

Satu pot tanaman hias bunga, mungkin memberi keuntungan hanya Rp 10 ribu atau paling tinggi Rp 100 ribu. Mengapa?

Orang berpikir dua kali untuk membeli tanaman pot seharga Rp 100 ribu, kecuali para hobeis dan tanamannya pun unik, eksotik, atau langka.

Para hobeis tidak peduli berapa uang yang harus dikeluarkan, asalkan memperoleh kesenangan.

Berapa harga suatu kesenangan? Itulah sebenarnya yang tidak ternilai!

Kalau hati senang, pikiran tenang, tidak ada beban, gembira dan mendorong semangat kerja(?)!

Oleh sebab itu, tidak heran bila kita mengetahui harga tanaman hias itu sangat bervariasi; tidak ada patokan khusus.

Para penjual menawarkan tanaman hias pot berdasar mimik muka para pembeli. Bila tampak sangat berminat, langsung disebut harga tinggi.

Sebaliknya, para pembeli yang berpengalaman juga pintar bersandiwara seolah-olah dia tidak berminat atau tampak iseng agar harga ditawarkan tidak tinggi.

Demikian itu fakta, dinamika dan seni perniagaan tanaman hias (hortikultura) dalam pot skala kecil; sangat berbeda dengan usaha tanaman pangan atau perkebunan atau bahkan hortikultura skala besar dan luas memenuhi kebutuhan secara makro.

Budidaya tanaman hortikultura skala mikro, tidak hanya memenuhi kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Unik, menarik dan bernuansa tersendiri!

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*