15 JunGenesis Tanah Masam

oxisol.Hawaii.landscape

Bagaimana tanah berubah jadi lebih masam?

Diposkan: Syekhfani

Setiap jenis tanah terbentuk dari pelapukan (weathering) bahan induk oleh berbagai faktor lingkungan fisik (topografi, iklim) dan biologi (vegetasi); sejalan dengan waktu.

Umumnya, pembentukan tanah melalui pelapukan bahan induk di daerah sedang-basah kurang cepat dibandingkan daerah tropika-basah, karena beda suhu dan aktivitas biologis di daerah sedang-basah yang lebih rendah.

Aliran air perkolasi mengandung CO2 dalam profil tanah jenuh basa membilas secara cepat garam-bebas, tetapi kation basa-dd (dapat dipertukarkan) lebih lambat.

Akibatnya, tanah di daerah berdrainase baik menjadi lebih masam, kecuali bila ada suplai basa-basa secara alami.

Dimulai dari H+ terjerap pada tapak pertukaran kation mencapai konsentrasi cukup tinggi untuk memecah kristal liat; maka ion Si4+ dan Al3+ dibebaskan.

Ion-ion polimer AlOH2+ atau Al(OH)2+ lempeng fraksi liat bebas secara parsial mengompleks dengan bahan organik, sementara Si4+ dalam profil tercuci pada tingkat lebih rendah.

Begitu tanah menjadi lebih masam, lebih banyak Al dan Fe dibebaskan dari mineral liat; meninggalkan Al3+ sebagai kation dapat dipertukarkan yang dominan.

Akhirnya seluruh mineral liat kristalin memberi peluang terjadi oksida Al dan Fe amorf.

Dalam acuan referensi ini, maka jenis tanah masam Mollisols terbentuk melalui pencucian dan perombakan rendah; Alfisols dan Ultisols melalui pencucian dan pelapukan lebih progresif; dan Oxisols terbentuk melalui pencucian dan pelapukan tinggi (Tabel).

Table. Perubahan Tanah Masam: Atribut Tanah pertinent terhadap efek pengapuran

Klik: 1x (dilakukan 2 kali)
Genesis Tanah Masam

Dari:
SOIL SCIENCE 702/802:
CHEMISTRY OF SOILS … SYLLABUS
(revised Jan 1998)
Text: Sparks, 1995, Environmental Soil Chemistry, Academic Press
Supplemental: Cresser, Killham, and Edwards, 1993, Soil Chemistry and its applications, Cambridge.

No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*