10 NovHujan Mulai Turun

FENOMENA ALAM MUSIMAN

Tropika Basah Indonesia

Syekhfani

Indonesia, terletak di zone hujan tropika (tropical rain forest zone), mengenal dua musim, yaitu: penghujan dan kemarau; meskipun ada musim peralihan menjelang awal dan akhir musim tersebut.

Mengikuti siklus iklim (global?), kadangkala terjadi pergeseran waktu awal musim, yang memerlukan antisipasi agar tidak terjadi kerusakan fatal akibat kekeringan atau banjir.

Hujan di awal “musim penghujan” atau di akhir “musim kemarau”, diharapkan cepat turun untuk mencegah agar tanaman tidak kekurangan air dan terganggu pertumbuhannya.

Awal musim penghujan 2014-2015 (di tempat tinggal penulis):

8 Nopember 2014

Hujan yang telah lama ditunggu mulai datang. Diawali cuaca mendung, angin kencang, serta kilat sambung menyambung, akhirnya hujan turun membasahi jalan, rumah dan kebun yang selama ini setiap hari harus disiram agar tanaman tetap tumbuh.

Beberapa hari sebelumnya, sudah ada gejala bahwa hujan akan turun, namun selalu gagal. Mungkin awan pembawa hujan masih belum cukup banyak mengandung butir-butir hujan agar jatuh ke muka bumi. Atau angin menghalau awan hujan tersebut berpindah ke tempat lain.

Berikut rekaman videonya: http://youtu.be/wAsfDcJ05pg

Tags:
No comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment
CAPTCHA Image
*