30 JunEfisiensi Aplikasi Pupuk

zeolite powder

ZEOLIT

(HYDRATED ALUMINO SILICATE)

Syekhfani

Aplikasi pupuk di lahan pertanian seringkali tidak efisien akibat berbagai hal, di antaranya terjadi kehilangan unsur hara melalui pencucian (leaching).

Zeolit, adalah liat alumino silikat terhidrasi (hydrated alumino silicate) tergolong bahan pengondisi tanah (soil conditioner) yang mempunyai kemampuan mengefisienkan aplikasi pupuk, misalnya: urea, yang umumnya selalu diberikan petani dalam mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman.

Zeolit ini tergolong mineral silikat aluminium yang mengalami hidrasi sehingga bersifat mengembang dan mengkerut (swelling dan shrinked), mengikat dan melepas ion (kation dan anion).

Sifat Zeolit demikian dapat mengefisienkan aplikasi pupuk karena saat kecukupan air, kation diikat dalam mekanisme jerapan (adsorption), dan bila kekurangan air, diikat dalam bentuk fiksasi (absorption) dalam fase padatannya (fiksasi).

Bentuk anion (NO3-), selalu dijerap di kisi-kisi (lattice) dalam bentuk mudah dilepas dan mudah tersedia bagi akar tanaman.

Bentuk kation (NH4+, K+), bila diserap (absorp) dalam fase padatannya (fiksasi), maka akan menjadi sulit tersedia bagi akar tanaman.

Secara praktek, Zeolit mengefisienkan aplikasi pupuk melalui mekanisme pelepasan secara sedikit demi sedikit (split) dan petani dapat mengurangi dosis pupuk tanpa mengurangi produktivitas tanaman.

Dengan kata lain, Zeolit dapat memberi keuntungan pada petani.

Comments are closed.